Sambal Ikan Tongkol Bumbu Asam Pedas Manis


Ikan tongkol yang masih segar
Ikan tongkol (Euthynnus affinis) merupakan sejenis ikan laut yang memiliki ukuran berkisar 60-100 cm. Secara morfologi, ikan tongkol memiliki punggung berwarna biru gelap metalik, dengan pola coret-coret miring yang rumit mulai dari pertengahan sirip punggung pertama ke belakang; sisi badan dan perut putih keperakan, dengan bercak-bercak khas berwarna gelap di antara sirip dada dan sirip perut, yang tidak selalu ada. Tanpa sisik, kecuali di wilayah corselet dan gurat sisi. 

Ikan tongkol secara taksonomi masuk ke dalam family scombridae, genus Euthynnus. Ikan tersebut memiliki bentuk tubuh seperti betuto, dengan kulit yang licin. Sirip dada melengkung dengan ujungnya lurus serta pangkal-nya sangat kecil. Ikan tongkol merupakan perenang yang tercepat diantara ikan-ikan laut yang berangka tulang. Sirip-sirip punggung, dubur, perut, dan dada pada pangkalnya memiliki lekukan pada tubuh, sehingga sirip-sirip ini dapat dilipat masuk kedalam lekukan tersebut, sehingga dapat memperkecil daya gesekan dari air pada waktu ikan tersebut berenang cepat. Di belakang sirip punggung dan sirip dubur terdapat sirip-sirip tambahan yang kecil-kecil yang disebut finlet.

Ikan tongkol memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam per 100 gram, ikan tongkol mengandung kalori : 111, protein (gr) : 24, protein (gr) : 24, lemak (gr) : 1, kolesterol (mg) : 46, zat besi (mg) : 0.7, lemak (gr) : 1, kolesterol (mg) : 46, zat besi (mg) : 0.7. Selain lezat dan bergizi, tongkol juga memiliki khasiat yang cukup spesifik, yakni dapat merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah dan menghambat proses penuaan. Bagi yang ingin awet muda disarankan untuk mengkonsumsi ikan tongkol. 

Sebelum anda mengkonsumsi ikan tongkol, ada dua langkah penting yang harus anda lakukan; (1) Cermat dalam membeli ikan tongkol; (2) Cerdas mengolahnya menjadi menu makanan yang spesial. 

1. Cermat Membeli Ikan Tongkol

Bagi anda yang akan membeli ikan tongkol, pastikan ikan yang dipilih masih segar. Ada beberapa cara untuk mengenali ikan yang segar dan layak untuk dibeli antara lain warna kulit ikan yang terang dan cerah, jika ditekan daging ikan akan terasa keras, matanya jernih menonjol dan cembung, sisik ikan segar masih melekat kuat serta mengkilat dengan sisik masih utuh dan tidak banyak yang lepas, insang berwarna merah, dan yang pasti ikan segar tidak akan berbau busuk.

2, Cerdas Memasak

Sambal Ikan Tongkol Asam Pedas Manis 
Cerdas dalam memasak juga merupakan langkah yang harus anda utamakan. Pilihlah resep masakan yang pada saat anda akan memasak adalah permintaan dari mayoritas anggota keluarga. Hal itu tentunya akan menambah selera makan jika dalam waktu sesaat makanan terhidang di meja keluarga anda. Sekarang ini sudah banyak pilihan resep untuk memasak ikan tongkol. Salah satunya yang saya pilih untuk kesempatan kali ini adalah "Sambal Ikan Tongkol Bumbu Asam Pedas Manis". Menu itu adalah salah satu menu favorit keluarga saya, yang wajib dihidangkan jika sedang berkumpul bersama.


A. Bahan-Bahan:

1. Ikan tongkol 500 gram yang digoreng dengan bumbu ketumbar, kunyit, bawang putih dan sedikit garam. 
2. Cabai merah 8 Biji (sesuai selera)
3. Cabai rawit 10 Biji (sesuai selera)
4. Bawang merah 6 siung
5. Bawang Putih 5 siung
6. Gula merah secukupnya
7. Serai dimemarkan
8. Jahe 1 ruas dimemarkan
9. Daun salam 2 lembar
10. Lengkuas dimemarkan
11. Tomat 2 buah
12. Gula putih
13. Garam secukupnya


B. Cara Membuat:

1. Haluskan semua bumbu sambal. tumis hingga harum
2. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, jahe, gula merah, gula putih
3. Aduk hingga rata dan sedikit tambahkan air jika sudah nampak mengering
4. Masukkan potongan ikan tongkol aduk rata dengan sambal
5. Tambahkan garam, penyedap rasa sesuai selera
6. Masak hingga matang.
7. Angkat dan hidangkan.



#SelamatMencoba#MyKitchen#Nisfie#Home

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Tidak Linear, Pupus Harapan Menjadi Dosen

Biologi Reproduksi: Siklus Estrus Hewan Mamalia (Teori dan Praktikum)

Darah: Produksi Sel Darah Merah