Pendidikan Tidak Linear, Pupus Harapan Menjadi Dosen

Berbicara terkait kelinearitas pendidikan bagi dosen hingga saat ini sepertinya masih menimbulkan pro dan kontra. Terutama bagi mereka para dosen yang sudah "terlanjur" memiliki pendidikan yang tidak linear atau dalam hal arti tidak "satu rumpun" disetiap jenjang (S1, S2 maupun S3). Mencuatnya informasi tersebut semakin diperjelas dengan rilisnya keputusan resmi dari Dikti melalui Surat Edaran Dirjen Dikti No 696/E.E3/MI/2014Tentu hal itu akan menjadi faktor penghambat dalam proses pengajuan jabatan fungsional ke jenjang Guru Besar (profesor) bagi yang tidak memiliki kelinearitas pendidikan. Selain itu, sebagai calon dosen pun akan lebih mengalami kesulitan jika kriteria tersebut tidak terpenuhi. Sebetulnya bukan keputusan yang bersifat tanpa alasan ataupun tujuan, jika ditengok dari informasi Dikti, dengan cara tersebut diharapkan para Guru Besar nantinya mempunyai kepakaran yang tinggi sesuai dengan pendidikannya. Tentu bukan tujuan yang buruk kan? 

Saya pun masih belum begitu jelas pemahaman terkait ini, apakah linearitas yang dimaksud berkaitan dengan keilmuan saja atau program studi?. Jika menurut saya arti linear harus dilihat dari kedua poin tersebut khususnya untuk formasi dosen. Berdasarkan pengamatan saya ketika membaca lowongan dosen baik itu negeri maupun swasta, selalu tercantum persyaratan "pendidikan harus linear" atau semisal dibutuhkan dosen biologi kualifikasi S2 biologi dan dikolom berikutnya tertulis S1-nya biologi. Dari keterangan tersebut, tentunya sudah dapat dipahami untuk program studi lain, semisal program studi pendidikan secara otomatis akan tereliminasi meskipun mereka memiliki beberapa kesamaan dalam bidang keilmuan. 

Kenyataan akan linear pendidikan yang bersifat mutlak, membuat dilema kronis bagi mereka yang sudah "terlanjur" melanjutkan studi S2 yang "tidak linear" dengan jenjang S1-nya. Saya ambil contoh untuk S1-nya semisal pendidikan (S.Pd) dan S2-nya bukan pendidikan, melainkan ilmu murni/ilmu sains (M.Si). Dari materi kuliah pun tentu-nya berbeda, yang jelas ilmu sains tidak akan diberikan materi kuliah pengajaran terkait ilmu pendidikan begitu pula ilmu pendidikan tidak akan diberikan ilmu sains secara detail. Semua sudah pada porsinya masing-masing. Hanya saja ketidaktahuan akan hal tersebut menjadikan beberapa orang memutuskan dengan tanpa ada pertimbangan yang mendalam, khususnya terkait kelinearan pendidikan. Hal itu semua memang bukan masalah besar bagi mereka yang tidak memutuskan ingin berprofesi sebagai dosen. Hanya saja sayangnya, sebagian besar lulusan ilmu sains lebih tergerak hatinya menjadi dosen dengan gelar magister yang dimilikinya. Namun melihat realita yang ada saat ini, keputusan DIKTI secara tragis telah memupuskan harapan besar untuk menjadi dosen, kecuali bagi mereka yang memang bersedia mengambil kuliah kembali secara linear. (Tentu bukan hal yang mudah)

Sebagian besar dari mereka yang mengalami "sudah terlanjur" mengatakan ketidaktahuan terkait kelinearitasan pendidikan. Sehingga dalam hal ini saya tidak tahu  apakah aturan itu sudah semestinya namun tetap saja dilanggar, atau hanya sebuah wacana yang belum diketahui tingkat kebenarannya atau sebuah kebijakan yang betul-betul baru yang akhirnya timbul kesan tergesa-gesa dalam penerapannya, sehingga membuat banyak orang terkejut. Entahlah, jika itu benar adanya dapat dikatakan sosialisai terkait hal ini terhitung minim. 


Saya sendiri adalah contoh orang yang terselamatkan karena unsur kebetulan yang bukan semata-mata paham diawal. Mengingat, dosen adalah impian saya, jika saya tidak segera merubah pilihan disaat itu, mungkin saat ini saya adalah orang yang merasakan penyesalan yang hebat. Sebagai informasi, saya adalah lulusan S1 Biologi FMIPA UNS, yang pada saat itu berniat untuk melanjutkan studi S2 di UNS. Hanya saja, pertimbangan dikala itu adalah mengambil jurusan yang bisa memberikan fungsi ganda nantinya, dan pilihan itu jatuh pada program studi pendidikan. Karena menurut pemikiran saya, gelar magister pendidikan (M.Pd) dapat menjadi dosen ganda baik itu dosen biologi pendidikan maupun dosen biologi sains. Berdasarkan pertimbangan itulah saya putuskan untuk mengambil jurusan itu. Hingga suatu hari ketika saya ada keperluan kampus untuk legalisir ijasah, saya bertemu dengan salah satu dosen, beliau adalah Dr. Sunarto, MS yang lebih akrab dipanggil pak narto. Seperti biasa sebelumnya, beliau mengajak berbincang-bincang hingga membahas topik kuliah, beliau menanyakan apakah saya akan mengambil ilmu biologi sains atau ilmu biologi lingkungan. Saya pun menjawab, "tidak keduanya pak". Seketika beliau terkejut "Loh, lalu jurusan apa", tanya beliau dengan wajah agak serius, saya pun menjawab kembali "saya ambil jurusan pendidikan". Beliau tambah terkejut dan akhirnya berkata "ah, kamu itu bunuh diri, sudah segera ganti jangan ambil pendidikan, ambil saja biologi sains atau biologi lingkungan". Mengingat percakapan tersebut jika dilihat kebijakan Dikti sekarang, saya merinding seketika, "hampir saja". Namun. pada saat itu saya tidak pernah tahu mengapa beliau berkata "bunuh diri", apakah yang beliau maksud itu ada kaitannya dengan keputusan Dikti atau yang lainnya. Karena kurang mengertinya saya, saya pun hanya mengikuti masukan beliau. Karena yang saya pikirkan saat itu adalah saya akan mengalami kesulitan nantinya dalam menempuh studi karena ketiadaan dasar di dunia pendidikan. Oleh karena itu tanpa berfikir panjang akhirnya saya pun memutuskan untuk mengambil jurusan biologi sains.

Berdasarkan paparan cerita tersebut, tentunya diharapkan dapat menjadi pengalaman besar untuk kita semua, khususnya bagi kita yang hendak menentukan jurusan bidang ilmu ditingkat perkuliahan. Diusahakan sekali untuk jenjang S1-nya betul-betul jurusan yang disukai. Hal tersebut dikarenakan jika jenjang pendidikan terus berlanjut, maka jurusan serumpun itulah yang harus tetap dipilih guna memenuhi kelineritas pendidikan. Disamping itu carilah informasi sebanyak-banyaknya terutama kepada mereka yang sudah membidangi. Semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat bagi semua pembaca. Salam sukses selalu.






Komentar

  1. Maaf tp saya baca ada edaran yg mengatakan bahwa linear itu mksdnya satu rumpun, tdk hrs satu background...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf misalkan s1 pendidikan agama islam. S2 nya manajemen pendidikan islam apa masih satu rumpu

      Hapus
  2. Ma,af sebelum saya mau nanya saya kuliah s1 jurusan teknik sipil prodi.pendidikan teknik bangunan dan gelar saya s.pd jika saya ngambil s2 jurusan tetap teknik sipil tapi prodinya berbeda gelar juga berbeda. M.t teknik sipil murni.nah pertanyaan saya apak termasuk linierkah s2 saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, ini tidak linear teman

      Hapus
    2. Tidak, pendidikan ke ilmu murni tidak linear bahkan kalau keilmuan pendidikan itu relevan (p.sipil > sipi)yg linear justru pendidikan lain.

      Hapus
    3. Tidak linier ...
      Pendidikan sipil masuk FKIP sedangkan Teknik sipil masuk FT
      Gelar juga berbeda S.Pd dengan ST

      Hapus
  3. Saya s2 manajemen transpor mau melanjutkan s3 manajemen pemasaran..apakah masih bs dianggap linier..karena kalau jurusan transportasi masuknya ke teknik sipil dan tidak satu rumpun

    BalasHapus
  4. Saya s2 manajemen transpor mau melanjutkan s3 manajemen pemasaran..apakah masih bs dianggap linier..karena kalau jurusan transportasi masuknya ke teknik sipil dan tidak satu rumpun

    BalasHapus
  5. Saya s2 manajemen transpor mau melanjutkan s3 manajemen pemasaran..apakah masih bs dianggap linier..karena kalau jurusan transportasi masuknya ke teknik sipil dan tidak satu rumpun

    BalasHapus
  6. Saya s1 teknik lingkungan
    S2 saya mau daftar antara teknik lingkungan atau teknik sipil?
    Mohon saran nya dimana saya sebaiknya melanjutkan untuk bisa menjadi dosen?

    BalasHapus
  7. Kalau benar begitu.. Saya S1 jurusan akuntansi, maka saya harus mengambil Magister Akuntansi untuk menjadi dosen.. Benarkah begitu?

    BalasHapus
  8. S1 pendidikan biolpgi S2 biologi murni.. boleh tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya mengambil S2 juga pendidikan biologi

      Hapus
    2. Bagaimana jika saya s1 pendidikan biologi dan s2 biomedik?

      Hapus
  9. Jadi untuk mnjadi dosen lebih baik mengambil jurusan biologi murni?

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Sya mau bertanya, saya kuliah S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra daerah dan rencana melanjutkan S2 Pendidikan Bahasa Indonesia. Apakah itu sudah linear?
    Mohon balasannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih linier dan satu rumpun tp beda bidang ilmu

      Hapus
  11. Trimakasih. Sangat membantu :)

    BalasHapus
  12. Mohon infonya
    Saya s1 bahasa inggris dan ambil s2 bahasa apakah itu bisa untuk jadi dosen??
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  13. Mohon infonya
    Saya s1 bahasa inggris dan ambil s2 bahasa apakah itu bisa untuk jadi dosen??
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  14. saya S1 Bahasa Inggris dan sekarang sedang kuliah S2 Pendidikan Bahasa Indonesia? apakah masiih linear?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tidak linier sebaiknya anda mengambil $2nya bahasa inggris

      Hapus
    2. Saya juga begitu S1 pendidikan bahasa Inggris dan S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

      Hapus
  15. S1 akuntansi. Apakah yg dimaksud dg linier itu harus ke s2 akuntansi lagi (m.akt) ataukah s2 ekonomi semisal mm.?

    BalasHapus
  16. Menurut saya, makna linear yg dimaksudkan masih ambigu, butuh pencerahan..
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  17. Walah administrasi linier ini mumeti, lalu solusinya seperti apa? Apakah bisa Gelar S.Pd (Pend.Teknik Sipil) menjadi ST dengan kuliah kembali dengan mengambil beberapa mata kuliah yang dianggap kurang utk ST? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  18. Pengalaman saya sekarang jadi dosen di PTS dengan kualifikasi pendidikan S1 (MIPA-Matematika) S2 (Ilmu Ekonomi- Akuntansi)
    Saya berkeinginan kuliah lagi ambil S1 Akuntansi...menurut rekan2 apakah bisa? Thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak linier krn FMIPA ke FE berbeda ...jika berminat ambil S1 FE Akuntns kembali maka itu jd linier

      Hapus
  19. Saya s1 BK, pengen ngelanjutin s2 ke akuntansi.. Bisa nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Tp sangat tidak liner. Saya juga pendi. Bhs indo. Kalau s2 bhs indo murni msih disebut tidak linier

      Hapus
    2. Bisa. Tp sangat tidak liner. Saya juga pendi. Bhs indo. Kalau s2 bhs indo murni msih disebut tidak linier

      Hapus
  20. Saya s1 BK, pengen ngelanjutin s2 ke akuntansi.. Bisa nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bk dan akuntasi saja sdh sangat berbeda sekali,.ya jelas tidak linear

      Hapus
  21. Saya masih proses S1 Pend. Sejarah, niatnya setelah lulus saya mau melanjutkan ke s2 pend. Bahasa jawa dan sastra daerah atau kajian budaya atau sosiologi murni, bisa gak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat tabel rumpun ilmu ips,apakah ilmu sejarah 1 rumpun dngan bahasa?setahu saya bahasa msuk dalam rumpun ilmu bahasa, jadi yaaah,tdk linear

      Hapus
  22. Saya mohon pencerahan dari teman-teman semua, saya S1 nya ilmu sosial, lalu lanjut S2 teknik informatika, lulus S2 dengan Cumlaude, karena saya seorang guru komputer maka saya ambil S2, apakah bisa saya menjadi seorang dosen. Mohon bantu pencerahan nya. Lalu apakah jika saya ambil S1 teknik informatika masih bisa? Dan diakui linearitas nya dengan S2 saya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jd dosen asalkan ilmu yg diampu hrs ttg komputer

      Hapus
  23. Sya jrsan s1 PGSD. Dan sya skrng sdh tlanjur ketrima s2 psikologi dan skrng kuliah s2 psikologi. Kira" bisa jadi dosen tdk? Mohon bntu pnjlsannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat rumpun ilmu pgsd,masuknya 1 bidang dngan psikologi tidk,jika tidk ya non linear

      Hapus
  24. bisa bantu jawab dong,, saya lulusan S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, rencana mau mabil S2 Magister Epidemiologi,, itu termasuk linear gak ya ??

    BalasHapus
  25. Saya s1 keperawatan dan saya berencana ambil s2 manajemen, apakah bisa jadi dosen? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  26. Bisa bantu jawab dong, saya S1 Teknologi Industri Pertanian dan mau lanjut S2 Teknik Industri. Apakah itu linier atau tidak? sebab dilihat dari mata kuliah 70% sama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya anda mengambil s2nya juga teknologi industri pertanian supaya linier

      Hapus
  27. Assalamualaikum
    Mbak maaf mau nanya saya dari Sarjana keperawatan punya rencana mau melanjutkan s2 kesehatan kira2 itu satu linier tidak ya soal nya masih satu rumpun ilmu (kesehatan)

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum
    Mbak maaf mau nanya saya dari Sarjana keperawatan punya rencana mau melanjutkan s2 kesehatan kira2 itu satu linier tidak ya soal nya masih satu rumpun ilmu (kesehatan)

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum
    Mbak maaf mau nanya saya dari Sarjana keperawatan punya rencana mau melanjutkan s2 kesehatan kira2 itu satu linier tidak ya soal nya masih satu rumpun ilmu (kesehatan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum, bagaimna skrang bapak tetap melanjutkan ke s2 masyarakat apa tidak ?

      Hapus
  30. Assalamualaikum
    saya mau nanya, saya S1 nya teknik kimia gelarnya ST. ada rencana mau ambil kuliah s2 jurusan teknik lingkungan dgn gelar MT. itu lineat nggaK? terimakasih

    BalasHapus
  31. Saya s1 sarjana akuntansi, baru s2 magister manajemen apakah bidang ilmu nya masih linear?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linier krn akuntns dan manjemn msh masuk ke FE

      Hapus
  32. saya s1 pendidikan biologi. lalu ingin melanjutkan s2 pendidikan. nah apabila yg diambil pendidikan islam apakahserumpun dengan s1 saya?

    BalasHapus
  33. maaf saya mau tanya,, apakah melanjutka ke s2 itu hanya untuk menjadi dosen saja?? contoh,, seumpama saya ingin melanjutkan ke s2 namun saya tidak ingin menjadi disen,, tapi saya ingin menjadi pebisnis misalnya... ataukah lebih baik tidak melanjutkan saja??

    BalasHapus
  34. Bismillah, saya ambil s1 biologi jika nantinya ambil s2 biomedis apakh msh linier?

    BalasHapus
  35. saya mau nanya. saya s1 kimia mau melanjut ke S2 farmasi . apakah bisa jadi dosen ?

    BalasHapus
  36. Mohon pencerahannya, ssya S1 pendidikan ekonomi, seksrang sementara lanjut studi S2 pendidikan IPS, kira-kira linear nggak yh?
    Mhon balasannya

    BalasHapus
  37. Selamat siang
    Saya mau menanyakan, saya S1 jurusan hukum ekonomi syariah(HES) sedangkan S2 saya ngambil ekonomi syariah.
    Menurut anda lenier apa gak?
    Terimakasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linier karena 1 rumpun. Silahkan baca rumpunnya digoogle

      Hapus
  38. Saya sekarang sedang menjalani S1 biologi, apakah saya nnti lulus bisa melanjutkan S2 teknik Biomedis?

    BalasHapus
  39. Mau tanya nih universitas yg menyediakan s2 pendidikan sosiologi di Indonesia dimana yah?

    BalasHapus
  40. Mau tanya kalau S1 Pend. Bhs. Indonesia, S2. Pend. Bhs. Indonesia, dan mau melanjutkam S3 untuk Prodi PGSD dgn kosentrasi Bhs. Indonesia, masih linier atau tidak?

    BalasHapus
  41. Saya S1 PGSD .....ingin melanjutkan ke S2 pendidikan dasar...apakah sama dengnan S2 PGSD????? Apakah linier?

    BalasHapus
  42. Saya S1 PGSD ingin melanjutkan S2 Bahasa Indonesia apakah linear sdgkan saya ingin menjadi Dosen

    BalasHapus
  43. Saya lulusan s1 keperawatan, saya ingin melanjutkan s2 kesehatan masyarakat apakah iu masih dikatakan linear atau tidak ya ?
    Karena saya ingin mendaftar menjadi dosen
    Mohon penjelasannya ya

    BalasHapus
  44. Kak saya s1 PGSD (guru sekolah dasar , kemudian S2 nya rencana mau ngambil teknologi pendidikan itu linear atau tidak kak?makasih

    BalasHapus
  45. Ou berarti yg 1 rumpun hanya untuk menjadi dosen, yg penting kuliah sesuai passion otak masing-masing, jangan karena paksaan orang tua, bisa hancur ipk

    BalasHapus
  46. Kalau misalnya s1 PGMI dan s2 ingin melanjut ke PGSD linear tidak ya kak?

    BalasHapus
  47. Saya S1 Pendidikan Jasmanj, dan sekarang sedang menempuh S2 Manajemen Pendidikan. Apakah masih linier dan bisa jadi dosen? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  48. Saya s1 pendidikan bahasa indonesia, untuk s2 nya saya ingin mengambil psikologi pendidikan, apakah itu masih linier? Mohon dibalas kak.

    BalasHapus
  49. Saya masih mahasiswa S1 jurusan agribisnis yg bercita-cita ingin menjadi dosen dibidang ilmu ekonomi. Di jurusan agribisnis mempelajari mengenai sosial ekonomi dan kewirausahaan pertanian pada matkul-matkulnya. tapi setelah lulus nanti saya akan bergelar S.P. (Sarjana Pertanian). Kalau saya kuliah S-2 nanti: saya harus program Magister apa dan bergelar master apa jika saya ingin di rumpun ekonomi akan tetapi tidak ingin mempelajari pertanian kembali. Mengingat harapan saya menjadi seorang dosen bidang ekonomi

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum Wr.Wb kak mau nanya apakah Gelar dosen itu harus Ambil ilmu pendidikan Apakah kita bisa Ambil ilmu murni terus kita lanjut S2 nya Ilmu murni lagi? Apakah untuk jadi dosen harus ambil ilmu pendidikan? Semisal yah kak Aku mau Ambil geografi murni kan Katanya kalo Ambil geografi murni Lebih luas materi nya dan Materi nya lebih mendalami apakah Aku bisa jd dosen Mengambil S2 geografi(ilmu murni) mohon Penjelasan nya kak

    BalasHapus
  51. Saya lulusan S1 pendidikan sosiologi, apakah linear jika melanjutkan S2 studi manajemen pendidikan islam

    BalasHapus
  52. Saya S1 Pendidikan Kimia, apakah linier jika saya melanjutkan ke S1 Ilmu Lingkungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, jika tidak linier, bisakah anda rekomendasikan jurusan yang linier tapi ada i"lingkungannya". Selain kimia lingkungan ya, karena yang saya tahu, kimia lingkungan hanya ada di UB

      Hapus
  53. Bismillah....

    Kak mau bertamnya
    Kalau S1 jurusan pendidikan akuntansi Linearnya dengan jurusan apa yah... jika mau lanjut S2 dan ingin menjadi dosen..

    terimakasih

    mohon jawabanya🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  54. Kak, kalau S1 pendidikan kewarganegaraan, mau ngambil S2 Teknologi Pendidikan linear atau tidak?

    BalasHapus
  55. Ka. Kalo S1 jurusan Manajemen Pendidikan, mau ngambil S2 jurusan Bahasa Inggris itu linear apa ga? Atau S2 nya harus ngambil Manajemen Pendidikan lagi?

    BalasHapus
  56. kk kalau s1 pendidikan ekonomi mw lanjut s2 manajemen pendidikan kira" linear atau tidak.

    BalasHapus
  57. Ka kalo s1nya akuntansi S2 nya PGSD bisa ga?

    BalasHapus
  58. Mohon penjelaskan. Kalau S1 nya pend IPS terpadu, lalu S2 pend Geografi apakh itu masi liner dan bisa untk jdi dosen ?
    #maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu coba jawab, karena tiba2 ada notifnya di mail saya, tentunya masih linier. karena keilmuan ips salah satunya terdapat ilmu geografi, tapi nanti ada matrikulasi lagi seperti pemetaan dan sebagainya. pertanyaaanya adalah apa tujuan anda ambil S2?

      Hapus
  59. Mohon arahan nya, saya s1 Teknik informatika. Mau melanjutkan S2 yang linear dengan jurusan sebelum nya apa ya? Agar bisa melamar jadi dosen. Terima kasih

    BalasHapus
  60. mohon penjelasannya kak, saya S1 Pendidikan IPA lalu S2 mau ambil Pendidikan Sains. Apakah hal tersebut linear?

    BalasHapus
  61. Maaf ka mohon pencerahannya,, saya lulusan S1 PGSD dan melanjutkan S2 Manajemen Pendidikan, dengan pilihan saya tsb, apakah saya bisa menjadi dosen?

    BalasHapus
  62. Kalau sudah terlanjur bagaimana😭😭😭😭😭😭
    sudah lulus pula..
    S1 pandidikan fisika
    S2 teknik fisika
    dulu pikaranku seperti anda sebelumnya..
    jalan keluarnya gmn?
    sy sudah mengajar di SMA, tp sy pngen jd dosen.
    kl misal sy lanjut lg kuliah S3 teknik fisika, apa itu ttp tidak linear? masa sy harus mengulang kuliah MPd😭😭😭

    BalasHapus
  63. Apakah linier jika saya S1 PGSD ingin melanjutkan ke S2 Manajemen Pendidikan Islam bukan ke Manajemen Pendidikan di universitas umum
    Terimakasih.

    BalasHapus
  64. Saya dosen dsalah satu pts s1 pendidikan bhsa Inggris s2 manajemen konsentrasi manajemen pendidikan apakah linear karena saya mengajajar matkul manajemen dan S3 yang harus saya pilih s3 apa untuk melanjutkan Terima kasih..

    BalasHapus
  65. Saya S1 pgmi apakah bisa S2 pendidikan biologi

    BalasHapus
  66. Saya S1 pendidikan Biologi, ingin melanjutkan S2 pendidikan Sains, apakah Linear? Dan bisakah melamar Jadi dosen dengan kualigikasi S1 dan S2 tersebut?

    BalasHapus
  67. Bang izin bertanya, saya s1 pendidikan ips nah nanti mau masuk s2 pendidikan ekonomi apakah linear?

    BalasHapus
  68. Saya S1 Biologi/akta IV dan kuliah S2.Manajemen Pendidikan.linier kah?mhn bantu pak

    BalasHapus
  69. Mas saya kebetulan s1 biologi dan s2 bioteknologi, apakah masih saty rumpun? Bisa berkarir menjadi dosen?

    BalasHapus
  70. Maaf mau tanya... Saya lulusan S1 PGMI, dapatkah melanjutkan ke S2 manajemen pendidikan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biologi Reproduksi: Siklus Estrus Hewan Mamalia (Teori dan Praktikum)

Darah: Produksi Sel Darah Merah