Kue Klepon Isi Gula Merah Ala Chef Nisfie

Kue Klepon Isi Gula Merah
Kue klepon adalah salah satu jenis jajanan pasar yang terbuat dari tepung ketan berbentuk bulatan kecil berisi irisan gula merah yang dibaluri parutan kelapa. Klepon dimasak dengan cara direbus. Ada beberapa perbedaan penyebutan untuk makanan jenis ini, di Sumatera dan Malaysia, kue klepon lebih dikenal dengan sebutan "onde-onde". Padahal jika di Jawa sendiri, onde-onde tentulah jenis makanan yang berbeda jauh dengan kue klepon, dimana onde-onde merupakan bebola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Nah, agar Ladies tidak keliru pada saat membelinya maka hendaklah bertanya terlebih dahulu atau lebih enaknya membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya sangatlah mudah dan bahan-bahan yang diperlukan juga relatif mudah diperoleh dan sederhana. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara membuat kue klepon. 

Bahan-Bahan:

250 gram tepung ketan
4 sdm santan
130 ml air hangat matang
Pewarna makanan aroma pandan
Gula merah untuk isi
Daun pandan dibentuk simpul
Parutan kelapa (bisa dikukus terlebih dahulu atau tidak, untuk baluran klepon sesuai selera)
Sedikit garam
Air untuk merebus

Cara Membuat:

1. Tepung ketan diuleni dengan santan dan tambahkan air yang sudah diberikan pewarna pandan sedikit demi sedikit hingga adonan kalis.
2. Cetak adonan berbetuk pipih lalu isikan dengan irisan gula merah lalu bentuk bulat-bulat.
3. Rebus bulatan klepon dengan air mendidih yang diberikan daun pandan hingga bulatan klepon nampak mengambang di permukaan air. 
4. Angkat bulatan klepon, tiriskan dan biarkan agak dingin lalu gulihkan di parutan kelapa hingga merata
5. Klepon anda siap dihidangkan.

Option: Jika anda tidak terlalu menyukai jenis klepon yang terlalu empuk atau lembek, dalam adonan anda bisa ditambahkan tepung kanji 20 gram.


Selamat mencoba :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Tidak Linear, Pupus Harapan Menjadi Dosen

Biologi Reproduksi: Siklus Estrus Hewan Mamalia (Teori dan Praktikum)

Darah: Produksi Sel Darah Merah