Menyapa Alam: Jembatan Talang Raksasa 1 Pringsewu Lampung

Gambar 1. Jembatan Talang 1 Pringsewu
Indahnya panorama alam "Jembatan Talang Raksasa" akan membuat siapapun yang melihat berdecak kagum. Bagaimana tidak, disepanjang jembatan layang yang membentang dari ketinggian 25 meter tersebut terdapat talang air raksasa yang tepat dibawahya berbentuk seperti drum dibelah dua (wadah untuk mengalirkan air irigasi), serta tersusun bilah-bilah besi yang berfungsi sebagai lantai jembatan yang digunakan oleh masyarakat untuk lalu lintas penyebrangan dari satu bukit ke bukit lainnya. 

Jalur akses menuju lokasi jembatan talang 1 terhitung mudah, karena hanya dapat ditempuh dengan sepeda motor. Dari pusat Kota Pringsewu hanya berjarak 1 kilometer melalui Jalan Lintas Barat Sumatera yang menuju simpang Kelurahan Fajaresuk. Selain itu pengunjung juga bisa menggunakan jalur alternatif menuju lokasi talang air ini melalui Pekon Podorejo dan Bumiarum, Kecamatan Pringsewu.

Jembatan talang 1 tersebut merupakan peninggalan Belanda yang dibangun sekitar tahun 1937. Menurut sejarah, Belanda pada saat itu berinisiatif membangun saluran irigasi dari satu wilayah ke wilayah lain. Hanya saja pada saat ini jembatan talang tersebut sudah dilakukan beberapa renovasi terutama pada bagian pijakan yang diganti dengan besi (sebelumnya berbahan kayu).

Saat ini terdapat lima unit talang air yang masih berfungsi. Empat talang air berada di wilayah Kecamatan Pringsewu,  dua diantarany di Pekon (desa) Bumiayu dan dua lainnya di Kelurahan Fajaresuk. Satu Talang lagi berada di Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran. Jarak antara satu talang dan talang lainnya sekitar 1 hingga 2,5 kilometer.

Koleksi Foto:




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darah: Produksi Sel Darah Merah

Biologi Reproduksi: Siklus Estrus Hewan Mamalia (Teori dan Praktikum)

GENETIKA: Penentuan Jenis Kelamin Mahluk Hidup